Kenapa Studienkolleg Harus di Jerman ?

Bagi pelajar internasional yang bercita-cita kuliah di Jerman, melewati tahap Studienkolleg merupakan langkah utama dan wajib sebelum menduduki masa perkuliahan. Singkatnya, Studienkolleg bertujuan bukan hanya memastikan calon peserta didik memiliki kemampuan Bahasa Jerman yang setara, tetapi juga bertujuan untuk menyetarakan tingkat pendidikan warga asing dengan warga lokal.Studienkolleg memberikan penyetaraan akademik kepada mahasiswa internasional dikarenakan sistem pendidikan di berbagai negara dapat berbeda-beda dalam struktur, kurikulum dan penilaian. Universitas di Jerman memiliki standar dan persyaratan khusus untuk masuk ke program studi mereka.

 

Jadi, apa sih alasan Studienkolleg harus dilakukan di Jerman?.

Kemampuan Bahasa Jerman yang lebih berkembang

Salah satu alasan utama Studienkolleg harus dilakukan di Jerman adalah kemampuan Bahasa Jerman yang jauh lebih berkembang. Faktor lingkungan yang selalu menggunakan Bahasa Jerman secara intensif membantu mahasiswa dalam mengasah kemampuan berbahasa mereka. Interaksi sehari-hari dengan penduduk lokal maupun lingkungan akademis yang menggunakan Bahasa Jerman secara konsisten memberikan peluang yang maksimal bagi mahasiswa untuk meresapi dan menguasai Bahasa Jerman dengan cepat dan efektif.

Mahasiswa memiliki akses lebih baik ke sumber daya akademik dan fasilitas.


Calon mahasiswa Studienkolleg di Jerman akan mendapatkan akses yang lebih baik ke sumber daya akademik dan fasilitas pendukung pembelajaran lainnya. Jerman yang dikenal dengan sistem pendidikan tinggi yang canggih dan fasilitas penelitian berkualitas. Dengan keuntungan tersebut, calon mahasiswa dapat terlibat dalam lingkungan belajar yang mendukung. Selain itu, mereka memiliki akses ke laboratorium, perpustakaan dan sarana lainnya yang mungkin tidak dapat diakses jika mereka memilih untuk menyelesaikan pendidikan di luar Jerman.

Iklim studi yang terintergrasi


Studienkolleg merupakan bagian integral dari sebuah Universitas/FH di Jerman. Ini menciptakan iklim studi yang terintegrasi dengan baik, memungkinkan calon mahasiswa bisa merasakan suasana akademis di Jerman. Studienkolleg tidak hanya mempersiapkan calon mahasiswa secara akademis saja, akan tetapi juga membiasakan diri dengan sistem pendidikan tinggi Jerman dan meningkatkan kesiapan mereka untuk mengejar gelar sarjana di Jerman.

Kurikulum Terupdate dari Universitas .


Dalam studienkolleg, terdapat kurikulum yang terbagi atas empat kategori. Kamu dapat memilih kurikulum tersebut sesuai dengan jurusan S1 yang kamu pilih. Berikut empat kategori yang kurikulum studienkolleg, yaitu:

T-kurs, merupakan bahasa Jerman, matematika, fisika, kimia dan informatika
M-kurs, yang terdapat pelajaran bahasa Jerman, matematika, fisika, kimia dan biologi
W-kurs, yang terdapat pelajaran bahasa Jerman, matematika, ekonomi, bisnis dan sosiologi
G-kurs yang terdapat pelajaran bahasa Jerman, sejarah, literatur Jerman, sosiologi dan statistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *